September 21, 2016

Tentang IMFI

imfitransparan1. LATAR BELAKANG TERBENTUKNYA IMFI

Fisioterapi adalah salah cabang ilmu kesehatan yang bertanggung jawab terhadap kesehatan fungsional masyarakat. Fisioterapi dimasa mendatang sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan menuju Indonesia yang sehat dan sejahtera. Fisioterapi dirasakan perlu memiliki wadah pemersatu mahasiswa fisioterapi se-Indonesia. Selain itu, fisioterapi juga dirasakan perlu memiliki lembaga yang bergerak dibidang riset, pengetahuan (intelektual), dan minat bakat untuk menyalurkan keahlian-keahlian mahasiswa yang terorganisir dengan baik.

Dalam perkembangannya, banyak organisasi yang mengatasnamakan kesehatan sebagai salah satu haluannya, berdiri secara perlahan-lahan dan memperjelas wacana yang terus berkembang menjadi suatu kebudayaan. Organisasi tersebut memberikan makna tersendiri terhadap masyarakat pada umumnya dan mahasiswa kesehatan pada khususnya. Bermula dari satu tujuan, dan mencoba menjawab tantangan zaman globalisasi, maka diperlukan suatu wadah yang menampung ide, kreatifitas, dan aspirasi. Maka hal tersebut perlu adanya suatu Ikatan Mahasiswa Fisioterapi Indonesia. Dengan terbentuknya Ikatan Mahasiswa Fisioterapi Indonesia, diharapkan seluruh mahasiswa fisioterapi yang ada di Indonesia dapat membangun intelektualitas dan menjadi mahasiswa fisioterapi sebagai satu ikatan.

2. SEJARAH TERBENTUKNYA IMFI

Sejarah terbentuknya IMFI yaitu melalui Musyawarah awal pembentukan Ikatan Mahasiswa Fisioterapi Indonesia (IMFI) tanggal 25-26 April 2009, bertempat di Progdi Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan UMS, dan bekerjasama dengan perwakilan –perwakilan mahasiswa fisioterapi dari Akfis Institut Ilmu Kesehatan “Bhakti Wiyata” Kediri, Akademi Fisioterapi Poltekes Surakarta, Jurusan Fisioterapi Universitas Airlangga Surabaya.

Pada musyawarah tanggal 25-26 April 2009, membawa hasil dengan terbentuklah draf AD/ART, GBHO, Mars IMFI, logo IMFI dan kelengkapan-kelengkapan MUNAS I. Dan pada tanggal tersebut disepakati pula, bahwa tanggal 3,4,5 Juni 2009 UMS merupakan tuan rumah dalam acara Seminar Nasional, MUNAS I (Musyawarah Nasional) dan pengabdian masyarakat yang mengundang perwakilan mahasiswa perguruan tinggi fisioterapi se-Indonesia dan mengundang pengurus dari organisasi-organisasi kesehatan di Indonesia.

Pada tanggal 2 Mei 2009 bertempat di FIK UMS, ketua Ikatan Fisioterapi Indonesia Pusat beserta rombongan dari Jakarta, Dekan FIK UMS, Ketua IFI Solo, Ketua Progdi Fisioterapi UMS dan tamu undangan, menghadiri presentasi ketua panitia yang menjelaskan tentang latar belakang terbentuknya IMFI dan kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung dalam MUNAS pertama di UMS . Ketua IFI Pusat, Ketua IFI Solo, Dekan, Progdi dan tamu undangan. Memberikan dukungan dan memberikan motifasi untuk tetap melanjutkan kegiatan-kegiatan tersebut, khususnya MUNAS, karena dengan adanya MUNAS I, maka IMFI dapat didekrasikan di UMS diadakan acara pembentukan Ikatan Mahasiswa Fisioterapi Indonesia (IMFI) dengan rangkaian acara Seminar Nasional, MUNAS I (Musyawarah Nasional ke I), dengan adanya kegiatan tersebut maka IMFI disepakati dan ditetapkan sebagai organisasi dengan dasar AD/ART, GBHO dan ketentuan-ketentuan lain yang ditetapkan dalam MUNAS I IMFI.

3. TUJUAN PEMBENTUKAN IMFI
  • Terbinanya mahasiswa fisioterapi sebagai insan akademis menuju terwujudnya fisioterapi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mempererat persatuan dan kesatuan pergerakan IMFI.
  • Terwujudnya kader-kader pembangunan di bidang kesehatan yang memiliki integritas tinggi sebagai penerus perjuangan bangsa dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.
  • Mewujudkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia yang optimal.
4. FASE PERJUANGAN IMFI DALAM SEJARAH PERJUANGAN FISIOTERAPI INDONESIA
  • Fase konsulidasi dan proses berdirinya IMFI (Mei-4 Juni 2009)
  • Fase berdiri dan pengokohan (4 Juni-sekarang)

Sumber : Laporan Pertanggung jawaban pengiriman delegasi Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta dalam kegiatan pembentukan Ikatan Mahasiswa Fisioterapi Indonesia (IMFI) pada tanggal 3-5 Juni 2009 oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

test1