LKMM Nasional IMFI 2017

1

Mahasiswa Fisioterapi merupakan agent of change dimana mahasiswa Fisioterapi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan nyata kearah yang lebih baik khusunya di bidang kesehatan. Di dalam masyarakat, mahasiswa Fisioterapi dituntut tidak hanya memiliki tingkat inetektual yang tinggi namun juga dituntut agar dapat memainkan peran yang besar dalam perubahan nasional. Oleh karena itu, sebagai seorang mahasiswa Fisioterapi harus dapat menyesuaikan diri dan dapat menyeimbangkan perannya di dalam masyarakat.

Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa merupakan kegiatan yang dapat mempersiapkan generasi muda untuk memiliki kemampuan memimpin dan manajerial sehingga nantinya dapat berkontribusi dalam pergerakan nasional khususnya di bidang kesehatan , baik konsep maupun tindakan. Kemampuan yang didapatkan ini diharapkan mampu menjawab tantangan jaman yang sudah menunggu di depan mata.

LKMM Nasional IMFI bertujuan untuk membentuk pengkaderan secara nyata dalam IMFI. Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh mahasiswa Fisioterapi yang tergabung dalam IMFI dapat mengharmoniskan gerakan-gerakan kemahasiswaan degan satu visi yang sama. Pengkaderan yang dilakukan ini menjadi titik awal untuk menata pergerakan IMFI dan diharapkan menjadi kurikulum pembinaan yang terstandarisasi secara maksimal dan menjaga integritas, profesionalitas, serta spiritualitas kompetensi setiap kader IMFI. Tiap kader IMFI tidak hanya diharapkan mengambil ilmu dan materi sebanyak-banyaknya dalam acara ini tapi juga dapat disebarkan kepada kader di wilayahnya sehingga semakin luas jangkauan IMFI dalam mewujudkan harapan kita bersama. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan kader-kader yang memiliki jiwa kepemimpinan maupun menumbuhkan jiwa kepemimpinan sehingga dapat menjalankan birokrasi se-optimal mungkin, memecahkan masalah-masalah baik internal maupun eksternal, mengangkat eksistensi utamanya fisioterapi yang akan diperjuangkan baik secara individu maupun kelompok nanti.

2

Mengambil tema “Kenali Organisasimu, Kembangkan Diri, Tingkatkan Solidaritas untuk IMFI Maju dan Berakarkter” LKMM Nasional IMFI 2017 menitikberatkan pada pengembangan sumber daya manusia yang telah tergabung dalam IMFI maupun pengembangan kualitas calon – calon kader baru yang tidak hanya nantinya diharapkan mampu berkecimpung dan berkontribusi secara tim untuk kemajuan IMFI namun juga diharapkan secara idividual memiliki karakter unggulan dalam berorganisasi. Bertempat di BPKKTK, Denpasar, Bali dengan diikuti 64 peserta dimana terdiri dari 4 wilayah ,kegiatan ini berlangsung selama 3 hari 2 malam, yang diisi dengan materi – materi terkait IMFI maupun materi terkait keorganisasian secara umum yang penting bagi pengembangan soft skill peserta, seperti materi Kastrat dan Advokasi, Kepemimpinan, Motivasi dan Komunikasi Organisasi, Public Speaking. Satu materi penting yang belum ada pada pelaksanaan pertamanya adalah  materi mengenai RPO ( Rencana Pengembangan Organisasi), dimana setiap wilayah diwajibkan merancang sebuah perencanaan pengembangan untuk IMFI di wilayahnya, yang nantinya harus peserta presentasikan pada hari pertama pelaksanaan LKMM pada tanggal 5 Mei 2017. Bukan sekedar menuliskan rencana pada secarik kertas, pada penugasan ini peserta dituntut untuk saling bekerja sama antar institusi di wilayahnya untuk saling menedengarkan, mengkaji, dan merumusmuskan masalah dengan urgensi tinggi di wilayahnya disertai perumusan solusinya.

Tidak hanya mengenai materi – materi keorganisasian, LKMM Nasional tahun inipun diwarnai berbagai kegiatan menyenangkan dan memupuk kedisiplinan dan kebersamaan peserta. Mulai dari kegiatan senam bersama, malam keakraban yang diisi dengan acara hiburan serta  atraksi peserta yang tak kalah menarik, selain itu malam keakraban juga diisi dengan manggang bersama yang diikuti oleh seluruh peserta beserta panitia. Belum cukup dengan malam keakraban LKMM Nasional tahun ini delengkapi dengan outbond dihari terakhir yang memupuk solidaritas dan rasa kekeluargaan peserta. LKMM Nasional inipun ditutup secara apik dengan acara tour bersama meikmati eksotika Pulau Dewata, Bali melalui kunjungan ke Museum Bajrasandi dan Pasar Guwang.

3

Source : Panitia LKMM Nas IMFI 2017 HM Fisioterapi Unud & Undhira
Share To :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *